Tujuan LPK MUTIARA NANDA melalui diklat baby sitter antara lain:

  • Memberikan keterampilan khusus kepada peserta agar mampu berkerja di lapangan sebagai baby sitter yang profesional dan berkualitas.

  • Memberikan peluang yang besar bagi tenaga muda untuk di didik dan di latih menjadi seorang baby sitter yang terampil.

  • LPK MUTIARA NANDA menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai (kompeten di bidang nya).

 

  1. Kepribadian Pancasila Dan Pembinaan mental
    Mempelajari bahwa kepribadian yang baik sangat di perlukan didalam melaksanakan pekerjaan, maka menanamkan dan menginginkan kembali 30 butir pancasila dan sila-silanya sangat diperlukan dan penerapan didalam pekerjaan.
  2. Mengenal karakter lingkungan pengguna jasa
    Mempelajari menggunakan teori Disc, praktek pengenel diri sendiri melalui kuis disc.Disana di jelaskan bahwa orang terbagi atas 4 sifat ada dominant, inflacer, steady dan compliance dimana cara menghadapi nya pun berbeda-beda.
  3. Etika
    Mempelajari etika kebersihan,kesopanan,kejujuran tingkah laku berserta contoh-contoh nya, termasuk ketika bertelepon.
  4. Motivasi Kerja
    Mempelajari diri sendiri untuk menyemangati diri sendiri dalam melakukan semua aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, agar mampu menikmati sebuah perkerjaan itu sendiri.
  5. Perawatan Bayi Dan Balita
    Mempelajari berbagai jenis kosmetik bayi seperti baby cologne hair lotion, baby cologne dalam memandikan bayi , cara membersihkan kepala, hidung dan telinga bayi, perawatan tali pusat dan memakai popok.
  6. Mengasuh Bayi Dan Balita
    Mempelajari bagaimana cara mengasuh bayi dan balita dengan baik untuk mempengaruhi anak dengan cara yang tepat agar dapat mancapai hasil secara optimal. Oleh karena itu mengasuh itu mengandung unsur merawat, melayani, membantu, melatih, membimbing, menjaga dan memantau.
  7. Ilmu Gizi
    Mempelajari nasib makan sejak ditelan sampai diubah menjadi bagian tubuh dan energi atau diekskresikan sebagai zat sisa.
  8. Makanan Bayi Dan Balita
    Mempelajari berbagai macam jenis makanan dan minuman yang akan diberikan kepada bayi dan balita yang disesuaikan dengan umur dan kondisi anak bertujuan untuk mencapai pertumbuhan maksimal secara sehat.
  9. Penyakit Pada Bayi Dan Balita
    Mempelajari keadaan kesehatan jasmani dan rohani anak agar bila terjadi gejala penyakit yang tidak di harapkan akan segera dapat ditanggulangi secara dini.
  10. Mengukur Denyut nadi, suhu tubuh dan pernafasan
    Mempelajari keadaan baik, masihkah dalam keadaan normal dan stabil ataukah ada kelainak pada diri anak itu sendiri
  11. Perkembangan bayi dan balita
    Mempelajari perkembangan anak baik perkembangan motorik maupun perkembangan sensorik anak sesuai dengan tahapan yang semestinya.
  12. Kebersihan lingkungan bayi dan balita
    Mempelajari bagaimana menjaga kebersihan lingkungan bayi dan balita sehingga si anak terganggu kenyamanan nya dimana dia berada dan tidak menimbulkan suatu penyakit.
  13. Tugas-tugas baby sitter
    Mempelajari kegiatan apapun yang diberikan dengan tugas sehari-hari nya sebagai baby sitter meliputi merawat, menjaga, mengasuh, dan mendidik anak asuhnya.
  14. Peran bermain dalam pertumbuhan
    Sebuah permainan akan bisa berpengaruh dalam pertumbuhan padaa anak, hal ini disebabkan oleh anak menyerap dan mengikuti kegiatan / pariwisata yan terjadi di ingkungannya. Bila permainan yang diciptakan bisa mengena di hati dan dapat dinikmatinya berarti anak mampu memerankan dan melarutkan emosinya. Dunia anak adalah dunia permaianan. Ciptakan sebuah permainan yang mengajak anak untuk berfikir sekaligus bermain. Hal ini tidak terlepas dari klasifikasi bermain dan karakteristik bermain sesuai tahap perkembangan anak.
  15. P3K
    Mempelajari P3K bertujuan untuk mengerti apabila terjadi kecelakaan kecil atau kejadian yang tidak terduga baby sitter mampu memberikan pertolongan pertama pada korban selanjutnya atau menyelamatkan pendrita, mencegah bertambah parah, mengurani rasa nyeri dan cemas mental karna terluka.
  16. Pengenalan alat-alat elektronik
    Mempelajari alat-alat elektronik bertujuan agar baby sitter mampu memahami dan mengenal alat-alat rumah tangga. Mengerti nama barang, kegunaan barang, cara pengoprasian dan perawatan alat-alat elektronik itu sendiri. Hal ini harus dipahami dengan betul, karena bila salah cara pemekaian nya bisa menimbulkan kerusakan pada barang bahkan bisa membahayakan keselamatan.